Sosialisasi Media Tanam Mediokres Bersama Ibu-Ibu Pkk Dusun Gempeng, Desa Jaten oleh Mahsiswa KKN UNY Kelompok 318

Mahasiswa KKN 318 melaksanakan sosialisasi media tanam mediokres Selasa, 31 Juli 2018. Mediokres merupakan suatu media tanam alternatif berbahan plastik yang diperkaya dengan nutrisi organik. Mediokres dikembangkan oleh Suryadi, S.Si (Dusun Sayidan, Sumberadi, Mlati, Sleman) Prinsip tanam mediokres sama dengan tanaman hidroponik (karena menggunakan media tanam lain selain tanah).

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Ibu-ibu PKK yang sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi media tanam mediokres. Tujuan sosialisasi media tanam mediokres adalah untuk mengurangi banyaknya sampah plastik yang berserakan, polusi lingkungan akibat sampah plastik, dan mengurangi kebiasaan warga sekitar yang sering membakar dan membuang sampah sembarangan. Selain itu, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat penghasilan warga sekitar.

Kegiatan bersama ibu-ibu PKK berlangsung dengan tahap penyobekan plastik pada sisi lipatan, pencucian plastik menggunakan air mengalir, penjemuran plastik, penyobekan plastik menjadi bagian yang lebih kecil, pembentukan plastik menjadi bulatan (0,5- 5 cm), pengayaan nutrisi (12 jam), penirisan plastik setelah diberi nutrisi (2-3 hari), penanaman menggunakan media tanam mediokres.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan